Minggu, 20 Januari 2013

Vocal Group

           Vocal group adalah sebuah format di masa kini yang menjadi sebuah model pengembangan dunia menyanyi, dimana suatu group terdiri dari 8-16 orang. Lomba ini digelar oleh SMAK St. Louis 1 dalam rangka menyambut hari raya Natal 2012. Tujuan lomba tersebut diadakan supaya dapat menjadi penyeimbang dan sarana refreshing bagi siswa-siswi SMAK St. Louis 1 seusai menghadapi uji kemampuan otak dalam Ujian Akhir Semester. Selain itu, lomba Vocal Group ini dapat menambah kreativitas siswa dalam seni. Siswa-sisiwi yang berbakat dalam musik diberi kesempatan untuk mengeksplor dan mengembangkan bakat mereka. Kebersamaan antar siswa juga dapat dipupuk melalui lomba tersebut. 

           Rangkaian lomba Vocal Group dimulai pada hari Senin, 10 Desember 2012 dengan audisi. Setiap kelas 10 dan 11 wajib mengirimkan wakil untuk mengikuti lomba tersebut. Grup-grup tersebut wajib membawakan lagu karya Jonathan Prawira yang berjudul Ku Takkan MenyerahDari audisi tersebut, hanya dipilih 6 grup saja yang akan melaju ke babak final. Babak final diadakan pada hari Jumat, 14 Desember 2012. Kali ini grup yang lolos tidak hanya membawakan satu lagu, tetapi menjadi 2 lagu. Lagu Ku Takkan Menyerah yang telah dinyanyikan saat audisi kembali dinyanyikan dengan tambahan 1 lagu bebas Natal. 

      Dari babak final tersebut diperoleh grup-grup yang menjadi pemenang. Kelas XI-IS 2 menjadi juara pertama. Kelas XI-IS2 ini terdiri dari Theresia Santika, Veronica Nadia, Josephine, Lady, Monica, Kelvin, Dimas, Chintya, Satria, dan Christian Tandjung. Mereka berlatih kurang dari 5 kali, tetapi membuahkan hasil yang memuaskan. Ada bagian dimana mereka menyanyikannya secara solo, dengan berbagai macam variasi suara.
 
Hanya dengan tiga kali latihan, kelas XI-IA4 sudah dapat meraih juara kedua lomba Vocal Group. Sebanyak 16 orang, yaitu Bernard, Yosef, Amelia Aussie, Elisa, Jennifer, Judith, Stefanny, Marcella, Nana, Ivana Beatrice, Hilman, Reinard, Christopher, Ersen, Christian, Eric, berpatisipasi mewakili kelasnya. Dengan menggunakan koreorgrafi sederhana, seperti geser ke kanan-kiri dan serong ke kanan-kiri, dan suara yang bervariasi, menarik hari para juri untuk memberikan gelar juara kedua kepada XI-IA4.


Kelas XC, yang terdiri dari Tamara, Michael, Krisna, Robert, Florencia, Vania, Valerie, Inggrid, Orlin, Valencia, Sherly menjadi juara ketiga dalam lomba Vocal Group ini. Walaupun masih kelas X, tetapi mereka dapat meraih posisi tersebut. Mereka membawakan lagu dengan penuh semangat hingga para juri terpukau tanpa harus menggunakan teknik menyanyi seperti kelas XI yang lain. Mereka telah berhasil membuktikan bahwa mereka layak untuk memperoleh posisi tersebut.
BY: Levina /2
       Sisylia / 17
       Jeremy /32

Tidak ada komentar:

Posting Komentar