Minggu, 20 Januari 2013

Manfaat Belajar Musik

Seni musik adalah salah satu jenis seni yang banyak dinikmati atau dipelajari oleh masyarakat.  Musik sendiri adalah gabungan dari bunyi-bunyian yang menghasilkan suatu karya atau biasa disebut lagu. Musik adalah seni yang bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat, baik dari bayi di dalam kandungan ibunya maupun orang yang sudah berusia lanjut. Tidak banyak orang yang tidak menyukai musik. Hal ini lah yang mendorong banyak orang untuk mulai mempelajari musik.
            Mempelajari seni musik tidak hanya terbatas pada bermain alat musik saja, tetapi juga termasuk bernyanyi dan mengaransemen sebuah lagu. Selain untuk menjadi sekadar hobi, mempelajari seni ini dapat memberikan banyak manfaat bagi anak-anak maupun orang dewasa. Salah satunya adalah mengaktifkan otak kiri yang biasanya jarang digunakan. Dari lahir sampai saat sekolah maupun kuliah, otak yang banyak digunakan adalah otak kanan. Tetapi saat kita mulai mengenal seni dan mempelajari seni, musik misalnya, otak kiti mulai ikut bekerja, Misalnya saat kita belajar menghapalkan pelajaran sekolah seperti Sejarah dan Matematika, otak yang bekerja adalah otak bagian kanan. Saat kita mendengarkan sebuah lagu dan menghapalkan liriknya, otak kanan dan kiri kita bekerja secara bersama-sama. Hal ini tentu meningkatkan kecerdasan seseorang karena otak kanan dan kirinya bekerja secara seimbang. Berdasarkan penelitian, anak-anak yang belajar musik memiliki daya tangkap yang lebih cepat dari anak-anak yang tidak mempelajari musik.
            Selain itu, mempelajari seni musik juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Orang yang awalnya pemalu dan mulai mempelajari musik akan merasakan perbedaannya. Ia akan dipaksa untuk keluar dari zona nyamannya dan melakukan hal yang tidak biasa dia lakukan ketika dihadapkan dengan tantangan saat mempelajari musik. Ketika belajar piano misalnya, pada saat ujian orang akan dipaksa untuk tampil di depan umum. Lama kelamaan orang tersebut akan terbiasa dan akan meninggalkan sifat pemalunya. Mempelajari musik akan membiasakan seseorang untuk mengatasi rasa takut dan dan mengambil resiko.
            Belajar seni juga mengajak orang untuk menjadi kreatif dan tidak takut untuk salah. Dalam kesenian apapun, tidak ada hal yang salah. Dengan demikian orang tidak akan takut untuk berkreasi mencoba hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Ia akan belajar cara untuk mengatasi sebuah masalah dengan solusi yang berdasarkan pada pemikirannya sendiri, karena pertanyaan dalam seni tidak ada yang hanya mempunyai satu jawaban.
By : Nia / 9
         Theresa / 24
         Alvin / 39

Tidak ada komentar:

Posting Komentar