Minggu, 20 Januari 2013

Manfaat Belajar Bernyanyi

Bagi orang yang hobi / pernah bernyanyi, pasti merasakan banyak manfaat yang diperoleh dari bernyanyi. Salah satu manfaat nya yaitu dalam bidang kesehatan.







Menurut para ahli, bernyanyi dapat memberikan berbagai macam manfaat yaitu: 

  • Memperbaiki pernafasan 
Saat kita bernyanyi , kita menggunakan seluruh tubuh untuk bernafas lebih santai. Saat bernyanyi kita menggunakan otot diafragma, menyebabkan oto diafragma melengkung kebawah dan paru-paru mengembang lebih bebas. Hal ini akan membuat tubuh dapat bernafas dengan lebih baik dan sehat. 
  • Meningkatkan fungsi sel tubuh 
Ketika kita menggunakan seluruh bagian tubuh untuk bernafas pada saat bernyanyi, hal ini menyebabkan volume oksigen yang terdapat di tubuh semakin besar. Dengan dialirinya darah yang kaya oksigen, sel-sel tubuh dapat berfungsi lebih baik. 
  • Merangsang aktivitas otak 
Bernyanyi juga memerlukan kerja otak, seperti pada saat kita mengikuti lirik lagu, menentukan nada lagu dan sebagai nya. Hal ini dapat merangsang udara untuk lebih mengalir ke otak. Dengan ini kita dapat meningkatkan daya ingat dan penting untuk kesehatan otak kita. 

  • Membuat hati gembira 
Saat kita bernyanyi, tubuh kita akan memproduksi hormon endorfin yang dapat memberikan kita rasa senang dan gembira. 
  • Mengurangi tingkat stress 
Dengan merasa gembira, tentu saja tingkat stress yang kita alami juga akan menurun. Dengan bernyanyi jantung akan berdetak lebih lambat dan menyebabkan kita lebih santai. 
  • Meningkatkan Kreativitas 
Seperti pada saat kita menciptakan sebuah lirik lagu, kita memerlukan kreativitas. Dengan ini kita lebih terlatih untuk lebih kreatif.

By  : Stanley / 8
         Rosa / 23
         Vinna / 38

Tidak ada komentar:

Posting Komentar