Minggu, 20 Januari 2013

Motivasi Belajar

    •    Teman

    Proses pembelajaran di sekolah tentu lebih menyenangkan jika siswa/siswi mempunyai teman untuk belajar bersama. Dengan adanya teman yang dapat saling berkontribusi, maka para murid diharapkan dapat lebih merasa nyaman dan senang dalam pembelajaran. Maka dari itu, secara tidak langsung, dengan keberadaan teman disekitar memotivasi siswa/siswi untuk belajar.

    Berikut di kanan adalah situasi belajar-mengajar di SMAK St. Louis 1 yang kondusif dan mendukung.



  • saingan/kompetisi.

Kompetisi untuk menentukan siapa yang memiliki nilai tertinggi membuat siswa yang satu dengan siswa yang lain akan membuat kegiatan belajar jadi semakin menarik, karena tidak ingin kalah dengan teman-temannya. Oleh karena itu, tiap siswa/siswi akan memiliki keinginan yang besar untuk belajar agar menjadi nomor satu.


  • Pujian
Siswa yang berprestasi sudah sewajarnya untuk diberikan penghargaan atau pujian. Pujian yang diberikan bersifat membangun. Dengan pujian siswa akan lebih termotivasi untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi.



Siswa-siswi SMAK St. Louis 1 sedang menunjukan sertifikat Juara Vocal Group yang diberikan oleh sekolah



  • Menggunakan metode belajar yang tepat
Bila Guru menggunakan metode belajar yang tepat, maka siswa tidak akan merasa kesusahan untuk memahami bahan yang diajarkan oleh guru. Salah satu yang dapat dilakukan oleh guru adalah membahas bersama soal-soal sehingga para siswa dapat lebih mengerti dan memahami inti dari pembahasan yang dijelaskan guru tersebut. Dengan begitu, siswa akan lebih tertarik untuk mempelajari mata pelajaran tersebut.

By : Anriesio / 11 , Kevin P. /26



Tidak ada komentar:

Posting Komentar